Database Open Source untuk Aplikasi Realtime



Dunia database sudah tidak asing lagi dengan open source. Bahkan, sudah banyak perusahaan, proyek, dan situs menjalankan berbagai database open source. Karena pilihan database memiliki implikasi yang sangat besar untuk skalabilitas, kinerja, dan bagaimana data itu sendiri dapat dilihat. RethinkDB adalah database open source dengan tujuan tertentu: melayani data ke aplikasi realtime, aplikasi tersebut adalah backends video game, alat keuangan, atau analisis suite.
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang RethinkDB, mulai dengan Slava Akhmechet. Akhmechet adalah pendiri RethinkDB, perusahaan dengan nama yang sama sebagai proyek open source. Sebelum mendirikan RethinkDB, dia adalah seorang insinyur sistem di industri keuangan, yang bekerja pada skala sistem database kustom. saat ini dia mahasiswa PhD yang cuti dari program di Computational Neuroscience di Stony Brook University.
RethinkDB adalah open source pertama, basis data scalable yang dirancang dari bawah ke atas untuk web realtime. Database tradisional menggunakan query-respon model akses basis data. Yang bekerja dengan baik di web karena langsung direspon oleh HTTP. Namun dengan adanya pasar modern mulai dari analisis aplikasi, game multiplayer, dan web kolaboratif dan aplikasi mobile yang memerlukan data untuk mengirim langsung ke klien secara realtime. Misalnya, ketika pengguna mengubah posisi tombol di aplikasi desain kolaboratif, server harus memberitahukan pengguna lain secara bersamaan yang bekerja pada proyek yang sama.
Web browser mendukung kasus penggunaan ini melalui WebSockets dan koneksi HTTP yang berumur panjang, tetapi dengan mengadaptasi sistem database realtime ini masih membutuhkan penyajian tantangan rekayasa yang besar.
RethinkDB adalah database pertama yang menggunakan akses database baru tanpa pemungutan suara database untuk perubahannya. Pengembang dapat memberitahu RethinkDB untuk terus mendorong terus diperbarui untuk aplikasi secara realtime. Hal ini membuat bangunan modern, aplikasi realtime dramatis mudah dikembangkan dan bisa mendapatkan realtime web app aplikasi scalable dan membutuhkan waktu cukup sedikit.
Dunia sedang bergerak menuju aplikasi realtime, sehingga produk database pertama untuk mendapatkan applikasi ini akan menjadi bagian yang sangat penting dari sebagian tumpukan teknologi selama bertahun-tahun yang akan datang. Itu sangat penting untuk teknologi inti seperti ini untuk dapat diakses oleh semua orang sehingga tidak ada yang tertinggal seperti mahasiswa, penghobi, startups, dan perusahaan di negara-negara berkembang yang tidak dapat serta merta membayar sejumlah uang dalam jumlah besar untuk produk dan jasa. Open source adalah kendaraan terbaik untuk mencapai hal ini. Semua orang bisa mendapatkan akses ke teknologi, dan RethinkDB dapat berkembang dengan menjual layanan bernilai tambah kepada organisasi yang lebih besar yang tidak sensitif terhadap harga.
Banyak kasus penggunaan masih memerlukan transaksi ACID (misalnya, aplikasi keuangan). Teknologi ini hanya tersedia dalam RDBMSes tradisional, sehingga mereka akan memilih MySQL atau Postgres. Kasus penggunaan lainnya yang jauh lebih mendorong untuk menganalisis, akan memilih database kolumnar seperti Vertica. Namun kasus penggunaan lebih rumit (untuk aplikasi yang modern web, aplikasi mobile, dan game) membutuhkan model data yang fleksibel, sehingga memilih sistem NoSQL (seperti MongoDB dan Redis).
Untuk proyek-proyek yang membutuhkan skala yang sangat tinggi akan memilih HBase, Cassandra, dan (untuk skala yang lebih rendah) MongoDB. Akhirnya, untuk mengatur industri (misalnya kepatuhan HIPAA, audit keuangan, dll), Oracle masih menduduki yang tertinggi karena memiliki fitur peraturan yang paling matang.
Selama dua tahun terakhir munculnya kasus para penggunaan realtime, dan di sanalah RethinkDB cocok. Pengembang ingin RethinkDB menjadi produk terbaik di pasaran.
RethinkDB telah dikembangkan selama lebih dari lima tahun, sehingga cukup matang. Setelah RethinkDB 2.0 masih ada banyak pekerjaan yang menarik tersisa untuk dilakukan. Rilis mendatang (posting 2.0) akan mendukung jauh lebih canggih mendorong fungsi realtime (misalnya, kita sedang bekerja pada feed restartable), ketersediaan tinggi yang lebih baik dan dukungan failover otomatis (melalui implementasi Raft), dan lebih pilihan penyebaran (misalnya dukungan Windows).
RethinkDB adalah usaha yang dibiayai, memiliki tim lima belas orang yang bekerja pada produk full time. Selain tim inti, RethinkDB memiliki lebih dari seratus kontributor dari seluruh dunia. Kontribusi berasal dari penggemar, mahasiswa, dsb. Orang berkontribusi untuk dokumentasi, proyek-proyek integrasi ekosistem untuk membuat RethinkDB mulus bekerja dengan potongan-potongan dari perangkat lunak, driver klien untuk banyak bahasa pemrograman yang berbeda, dan bahkan inti internal basis data perbaikan.
Sebagian besar kasus penggunaan yang berpusat di sekitar pasar modern. RethinkDB adalah pilihan database yang benar-benar hebat.
Cara terbaik memperdalami RethinkDb adalah pergi ke situs web proyek. Ada banyak informasi yang ada termasuk tutorial, dokumentasi, video teknis, dan contoh aplikasi. Pengembang juga sangat aktif di Twitter dan IRC (#rethinkdb pada freenode), jadi jika ada yang memiliki pertanyaan mereka bisa mendapatkan jawaban dalam beberapa menit. (Ummul Sidiqoh)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku Malu Menjadi Mahasiswa Beastudi Full S1 di STT Nurul Fikri

My Story about openSUSE.Asia Summit 2017 from Tokyo, Japan.

Peraturan Grup WhatsApp Info Akademik