Kecerdasan dan Kedermawanan Bill Gates

 Kecerdasan dan Kedermawanan Bill Gates
Bill Gates, bernama lengkap William Henry Gates III (lahir 28 Oktober 1955, Seattle, Washington, AS), programmer komputer dan pengusaha yang mendirikan Microsoft Corporation, perusahaan software terbesar di dunia.
Gates menulis program software pertamanya pada usia 13 tahun. Di sekolah tinggi ia membantu membentuk kelompok programmer yang terkomputerisasi sistem penggajian sekolah mereka dan mendirikan Traf-O-Data, sebuah perusahaan yang menjual sistem menghitung lalu lintas untuk pemerintah daerah. Pada tahun 1975 di Universitas Harvard, ia bergabung dengan teman sekampung halamannya Paul G. Allen untuk mengembangkan perangkat lunak mikrokomputer pertama. Mereka mulai dengan mengadaptasi BASIC, bahasa pemrograman yang populer digunakan pada komputer besar. Dengan keberhasilan proyek ini, Gates meninggalkan Harvard selama tahun pertama dan bersama Allen membentuk Microsoft.
Industri mikrokomputer sangat meningkat ketika Microsoft mematenkan sistem operasi yang disebut MS-DOS untuk International Business Machines Corporation sebagai pemasok komputer terbesar di dunia dan sebagai pembuka jalan-untuk digunakan pada industri komputer mikro pertama, IBM PC (personal computer). Setelah rilis pada tahun 1981, IBM cepat menetapkan standar teknis untuk industri PC, dan MS-DOS juga didorong keluar bersaing pada sistem operasi. Saat hubungan antara Microsoft dengan IBM terjadi ketegangan, Gates dengan cekatan memanipulasi perusahaan yang lebih besar sehingga mereka secara permanen bergantung padanya untuk perangkat lunak penting. Pembuat PC IBM yang kompatibel, atau klon, juga berpaling ke Microsoft untuk perangkat lunak dasar mereka. Pada awal tahun 1990-an ia telah menjadi kingmaker utama industri PC.
Sebagian besar kekuatan atas keberhasilan Microsoft, Gates mengumpulkan saham paling besar sebagai pemegang individu terbesar di perusahaan. Ia menjadi miliarder pada 1986, dan dalam satu dekade kekayaan bersihnya mencapai puluhan miliar dolar, menempatkannya sebagai orang yang paling kaya di dunia. Dengan beberapa kepentingan di luar perangkat lunak dan potensi teknologi informasi, Gates pada awalnya lebih suka berada di luar sorotan publik, penanganan urusan sipil dan filantropis tidak langsung melalui salah satu yayasannya. Namun demikian, kekuatan dan reputasi Microsoft tumbuh, dan terutama karena menarik perhatian divisi antitrust Departemen Kehakiman AS,
Gates, dengan beberapa keengganan, menjadi sosok lebih umum. Saingannya terutama perusahaan di Silicon Valley, menggambarkan sebagai pendorong, duplikasi, dan bertekad untuk mendapatkan keuntungan dari hampir setiap transaksi elektronik di dunia. Di sisi lain, pendukungnya merayakan ketajaman bisnisnya yang luar biasa fleksibilitas, dan nafsu makan tak terbatas untuk menemukan cara-cara baru agar komputer dan elektronik lebih berguna melalui perangkat lunak.
Semua kualitas itu adalah hasil dari respon gesit Gates untuk ketertarikan publik pada Internet. Mulai 1995 dan 1996, Gates kembali memfokuskan Microsoft pada pengembangan konsumen dan solusi perusahaan untuk perangkat lunak Internet, mengembangkan platform sistem operasi Windows CE untuk perangkat jaringan non-komputer seperti televisi rumah dan asisten pribadi digital, menciptakan Microsoft Network untuk bersaing dengan America Online dan penyedia internet lainnya. Disamping itu, melalui perusahaan Gates Corbis, mengakuisisi arsip foto Bettmann dan koleksi lainnya untuk digunakan dalam distribusi elektronik.
Selain karyanya di Microsoft, Gates juga dikenal untuk pekerjaan amalnya. Dengan istrinya, Melinda, ia meluncurkan William H. Gates Foundation (berganti nama menjadi Bill & Melinda Gates Foundation pada tahun 1999) pada tahun 1994 untuk mendanai program-program kesehatan global serta proyek-proyek di Pacific Northwest. Selama akhir tahun 1990-an, pasangan ini juga mendanai North American Libraries melalui Gates Library Foundation (berganti nama menjadi Gates Learning Foundation pada tahun 1999) dan mengumpulkan uang untuk dana pendidikan minoritas melalui program Gates Millennium Scholars.
Pada bulan Juni 2006 Warren Buffett mengumumkan hadiah yang berkelanjutan untuk yayasan, yang akan memungkinkan aset terhadap total sekitar $ 60 miliar dalam 20 tahun ke depan. Pada awal abad ke-21, yayasan terus fokus pada kesehatan global dan pembangunan global, serta masyarakat dan pendidikan di Amerika Serikat. Setelah masa transisi singkat, Gates melepaskan pengawasan sehari-hari dari Microsoft pada bulan Juni 2008, meskipun ia tetap sebagai Ketua Dewan, untuk mencurahkan lebih banyak waktu bagi Bill & Melinda Gates Foundation. Pada Februari 2014, Gates mengundurkan diri sebagai Ketua, tapi terus melayani sebagai anggota dewan.
Ini masih harus dilihat apakah sukses luar biasa Gates akan menjamin dia berada di tempat abadi dalam jajaran orang besar Amerika. Setidaknya, sejarawan tampaknya cenderung melihat dia sebagai sosok bisnis penting untuk komputer seperti John D. Rockefeller di bisnis minyak. (Qurina Nusaibah)
Sumber: www.britannica.com/EBchecked/topic/226865/Bill-Gates

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku Malu Menjadi Mahasiswa Beastudi Full S1 di STT Nurul Fikri

My Story about openSUSE.Asia Summit 2017 from Tokyo, Japan.

Peraturan Grup WhatsApp Info Akademik