Manfaat Mouse untuk Optimalkan Komputer

Manfaat Mouse untuk Optimalkan Komputer
Banyak pengguna komputer personal belum mengambil manfaat secara optimal dari mouse yang dimilikanya. Berikut ini beberapa tips rahasia mouse komputer yang dapat membantu mengoptimalkan produktivitas.
Shift key dan mouse click
Banyak teks editor dan program yang mengizinkan untuk menyoroti semua atau sebagian text menggunakan Shift key dan mouse. Sebagai contoh, pada saat klik di awal teks dalam kotak teks, tekan Shift Key, scroll ke bawah, dan klik pada akhir teks untuk menyorot keseluruhan teks.
Dapatkan manfaat dari Scroll Wheel
Hari ini, semua orang sangat kenal dengan sebuah mouse wheels, memiliki kemampuan untuk menggulung ke atas dan menggulung ke bawah pada sebuah halaman. Akan tetapi, mouse wheel ini dapat juga melakukan banyak hal. Berikut ini beberapa contohnya.
  • Mouse wheel bukan hanya sekedar wheel, ia dapat juga digunakan sebagai sebuah tombol. Tekan ke bawah pada wheel yang diterapkan pada ketiga tombol mose. Ini biasa digunakan untuk membuka sebuah web page pada sebuah tab dengan mengklik wheel pada beberapa link dan dapat juga biasanya digunakan untuk menutub sebuah tab dengan mengklik wheel pada beberapa tab.
  • Zoom in dan zoom out pada sebuah webpage, word document, excel spreadsheet, dan lain lain. Dengan menekan ke bawah sambil menekan Ctrl key dan scrolling up zoom di dalam dan tekan bawah untuk zoom out.
  • Tekan ke bawah Shift key ketika menggulung ke atas atau menggulung ke bawah pada kebanyakan internet browser untuk go back dan forward antar webpage.
  • Beberapa mouse wheel dapat ditekan ke kanan atau kiri atau juga dapat move back dan forward pada sebuah webpage.
Pilih dengan double atau triple klik
Ada kata yang dapat dipilih dengan menggunakan double click word. Jika Anda ingin menyorot seluruh paragraph atau kalimat, klik mouse button tiga kali pada beberapa kata. Coba hal itu sekarang pada paragraf ini dengan mengeklik tiga kali secara cepat pada kata di dalam paragraf.
Menggunakan klik kanan
Ambil keuntungan yang banyak dengan menggunakan klik kanan kapanpun Anda menyasar teks atau yang Anda inginkan untuk melihat properties pada sebuah objek. Sebagai contoh, jika Anda ingin menyorot sebuah file atau teks. Anda dapat klik kanan pada item yang disasar dan copy, kemudian klik kanan di manapun Anda ingin paste.
Ctrl key dan klik mouse atau highlight
Ketika diholding down, kunci Ctrl Anda dapat klik kiri untuk memilih lebih dari satu objek atau highlight multiple section text. Sebagai contoh, pada kotak seleksi, jika Anda ingin highlight lebih dari satu daftar item yang dapat Anda hold down Ctrl dan pilih masing masing item yang Anda ingin highlight.
Gunakan tombol pada sisi mouse Anda
Banyak mouse komputer juga memiliki tombol di sisi dari sebuah mouse. Tombol ini dapat diprogram sesuai dengan yang dikehendaki. Akan tetapi, secara default tombol jempol kiri biasanya kembali ke halaman web. Ini membuat browsing internet menjadi lebih mudah karena kita tidak membutuhkan lagi menggeser cursor mouse untuk mengarahkan browser kembali dengan mengklik tanda panah kembali. Untuk membuat kita berada pada halaman web sebelumnya.
Kustomisasi mouse Anda
Jika Anda memiliki sebuah mouse dengan lebih dari dua buah tombol, install mouse software yang memungkinkan Anda untuk mengkustomisasi mouse. Misalnya, jika Anda tidak menggunakan tombol samping untuk kembali dan seterusnya di dalam halaman web. Hal itu menjadi sesuatu yang bisa Anda lakukan lebih, seperti switching di antara membuka windows atau membuka calculator.
Pindahkan mouse dengan keyboard Anda
Daripada menggunakan mouse yang berasal dari Komputer, Anda juga dapat juga memfungsikan windows untuk menggunakan number pad sebagai sebuah mouse. (M. Agus)
www.computerhope.com/tips/tip32.htm

Komentar

Postingan populer dari blog ini

My Story about openSUSE.Asia Summit 2017 from Tokyo, Japan.

Aku Malu Menjadi Mahasiswa Beastudi Full S1 di STT Nurul Fikri

Peraturan Grup WhatsApp Info Akademik