Kode Nama Ubuntu 16.04 Sudah Diumumkan

Setelah beberapa waktu lalu dirilis, Ubuntu 15.10 dengan kode nama "Wily Werewolf", kini kode nama dari Ubuntu 16.04 LTS sudah terungkap dengan nama kode awalan "X" Ubuntu 16.04 bernama Ubuntu 'Xenial Xerus'.
Ubuntu ini merupakan penerus dari Ubuntu Wile Werewolf, dan dengan dukungan panjang atau istilah yang sering disebut LTS (Long-Term Support). Ubuntu Xenial sendiri merupakan kata sifat yang bermakna 'ramah' atau 'bersahabat', sementara Xerus adalah nama yang diberikan kepada tupai tanah, yakni sebagai logo dari Ubuntu Xenial Xerus.
Pendiri Ubuntu, Mark Shuttleworth, menjelaskan bahwa kode nama Ubuntu 16.04 LTS diumumkan di blognya: "Betapa bahagianya, rilis LTS kami selanjutnya harus X, karena Xenial sendiri bermakna 'hubungan yang ramah antara tuan rumah dan tamu', dan semua pekerjaan yang luar biasa itu diberikan ke LXC dan KVM untuk Ubuntu Openstack. Di luar itu, interoperabilitas Ubuntu OpenStack dengan hypervisors sepertinya sangat cocok."
"Xerus, tupai tanah dari Afrika, adalah hewan yang paling suka bersosialisasi di negara asalku. Mereka berkembang di gurun pasir, mereka kecil, lincah, kelompok sosial yang bergaul sangat baik dengan tetangga mereka (untuk sebagian besar mamalia, tetangga adalah sumber untuk pertumpahan darah, namun bagi Xerus, berkolaborasi itu sangat bagus). Mereka cepat, agresif, dan terkenal dengan keberanian luar biasa. Kedengaranya memang benar. Dengan keberanian yang besar akan datang kesempatan yang besa," jelas Mark.
"X juga mempunyai alasanya yang lain: Ubuntu 16.04 diharapkan akan menjadi versi terakhir dari Ubuntu yang menggunakan X server standard secara default. Tampilan display server dan Shell Unity 8 yang dimiliki Cannonical sudah sangat baik, yang bertujuan untuk menggantikan versi default Ubuntu 16.10 dalam waktu satu tahun."
Mark menjelaskan, Utopic, Vivid, dan Wily sebagai tiga paket intens yang dirilis, dan yang dikemas secara inovatif. Penambahan Ubuntu 16.04 LTS ini akan membawa rangkaian secara bersama menjadikan Ubuntu sebagai jalan tercepat dalam segala hal. (Aufa Billah)

Posting Komentar