Wi-Fi vs WiMAX

Saat ini jaringan nirkabel sudah banyak menyebar di luar kantor dan rumah. Itu menyebabkan sangat diperlukannya protokol dan sistem yang dapat mendukung besar skala jaringan dengan kecepatan data tinggi. Beberapa teknologi untuk mengakses teknologi tersebut telah ada di pasar komunikasi seperti 2G, 3G dan yang baru, 4G. Namun, ada banyak hal yang harus dikeluarkan dalam menggunakan teknologi itu, yang lebih besar seperti menyediakan internet atau streaming multimedia secara nirkabel.
Itulah sebabnya mengapa lahir sebuah protokol baru, bernama WiMAX. Secara bahasa, tampaknya seperti istilah teknologi yang diperpanjang Wi-Fi, tetapi ada beberapa perbedaan antara dua protokol ini. Artikel ini akan membahas tentang berbagai perbedaan antara WiFi dan WiMax.
1. Istilah yang disingkat: Wi-Fi adalah singkatan dari Wireless Fidelity, plesetan dari Hi-Fi yang merupakan strategi pemasaran. Di sisi lain WiMAX, singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access, sebuah istilah yang memenuhi persyaratan teknologi serta komersial.
2. Publikasi: Wi-Fi secara resmi diluncurkan pada tahun 1997, sedangkan WiMAX resmi dipublikasikan pada tahun 2004.
3. Standar IEEE: Wi-Fi memiliki standar IEEE adalah 802.11 x di mana x adalah versi dari Wi-Fi. Sedangkan standar IEEE WiMAX adalah 802.16 y dimana y mengacu pada berbagai versi WiMAX.
4. Versi standar: Wi-Fi memiliki beberapa versi itu seperti 802.11b, 802.11 g, 802.11n tergantung pada beberapa faktor seperti frekuensi, range, enkripsi, aplikasi dll. Pada faktor serupa, WiMAX juga memiliki sejumlah versi yang berbeda: 802.16A, 802.16 d dan 802.16e adalah beberapa versi WiMAX yang populer.
5. Frekuensi band: Wi-Fi sudah didefinisikan di bawah ISM band dimana pengguna tidak harus membayar pengisian tambahan untuk memanfaatkan band-band. Sebaliknya, tidak ada bar pada frekuensi penggunaan di WiMAX. Ini berarti bahwa WiMAX mungkin berada di dalam protokol ISM band atau mereka mungkin menggunakan versi frekuensi berlisensi dimana pengguna mungkin akan dikenakan biaya.
6. Range: Luas jangkauan jaringan Wi-Fi maksimum mencapai sekitar 100 meter jaringan WiMAX dapat mencapai sekitar 80-90 kilometer.
7. Data Transfer Rates: Wi-Fi dapat mentransfer data pada kecepatan hingga 54mbps. sedangkan, jaringan WiMAX dapat mentransfer data hingga 40mbps. WiMAX, memiliki kecepatan transfer data lebih banyak variasi sebagai jarak akan dibahas cukup lebih besar.
8. Bandwidth: Jaringan Wi-Fi memiliki bandwidth 20MHz, sedangkan jaringan WiMAX memiliki bandwidth yang berkisar antara 1,25 MHz hingga 20MHz.
9. Bandwidth Efficiency: Istilah ini merujuk kepada bit informasi yang dikirim per detik per satuan frekuensi. Ini adalah ukuran bagaimana kualitatif saluran dikelola oleh jaringan. Efisiensi bandwidth saluran WiMAX (upto 5bps/s/Hz) secara teori dua kali seefisien Wi-Fi jaringan (upto 0.44bps/s/Hz untuk 802.11a dan 2.7bps/s/Hz untuk standar b/g/n) berbasis.
10. Selisih MAC Layer: MAC layer adalah bagian penting dari model OSI. Itu mendefinisikan prosedur komunikasi yang menggunakan protokol. Wi-Fi layer MAC menggunakan protokol CSMA CA yang tidak koneksi berorientasi sementara itu di WiMAX koneksi berorientasi.
11. Enkripsi teknik: Teknik enkripsi di WiMAX meliputi Triple Data enkripsi algoritma dan standar enkripsi lanjutan. Di sisi lain, di Wi-Fi, teknik enkripsi adalah Advanced Encryption Standard (AES) dan RC4.
12. Otentikasi: Kedua teknologi jaringan nirkabel ini berlaku berbeda set protokol untuk tujuan otentikasi. Wi-Fi menggunakan protokol otentikasi Extensible (EAP) Wired Equivalent Privacy (WEP) keamanan algoritma tergantung pada versi Wi-Fi. Di sisi lain, WiMAX menggunakan X.509 atau PKMv2 sebagai otentikasi algoritma.
13. Aplikasi: Wi-Fi dan WiMAX, meskipun yang digunakan untuk tujuan yang sama transfer data, dirancang untuk memenuhi kebutuhan dua sama sekali berbeda. Wi-Fi diperlukan untuk melayani untuk kebutuhan rumah tangga dan perusahaan interkoneksi. Wi-Fi teknologi menghubungkan printer komputer, konsol game ke router dll. WiMAX menyajikan jaringan antar beroperasi yang lebih besar. WiMAX dapat digunakan untuk menyediakan layanan internet untuk area yang lebih besar yang mana dapat melayani rumah tangga, ponsel, dan bahkan tempat Wi-Fi. WiMAX memiliki spesifikasi hardware yang berbeda dan saat ini WiMAX melayani menara cenderung setinggi menara Wi-Fi. Di sisi lain, Wi-Fi antena cukup kecil untuk ditempatkan pada 5 inci oleh 3 inci router. (M. Abdul Karim)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku Malu Menjadi Mahasiswa Beastudi Full S1 di STT Nurul Fikri

My Story about openSUSE.Asia Summit 2017 from Tokyo, Japan.

Peraturan Grup WhatsApp Info Akademik