Kini Tunanetra Pun Bisa “Melihat” Foto di Facebook

Visi Mark Zukerberg yang menginginkan social media buatannya itu agar dapat diakses oleh semua orang, membuat Facebook menghadirkan fitur barunya yang bernama Automatic Alternative Text (AAT). sebuah fitur yang mana seorang tunanetra mampu “melihat” foto yang diunggah oleh teman facebooknya.
Fitur ini akan mendeskripsikan sebuah foto dengan objek-objek yang ada didalamnya. Misalnya, foto seorang pria ditaman. maka fitur tersebut akan mengatakan: foto ini berisi, seorang pria, mengenakan topi, dan pemandangan bunga di belakangnnya.
Berdasarkan hasil riset yang dilakukan facebook, terdapat 39 juta tunanetra dan 246 juta orang yang memiliki gangguan penglihatan.
“Kita memerlukan solusi bagi mereka yang tidak bisa melihat foto dan memahaminya, sehingga mereka bisa menjadi bagian dari komunitas, menikmati layanan Facebook dengan pengalaman yang sama dengan yang bisa melihat,” kata King, yang merupakan seorang engineer facebook yang tunanetra.
Sayangnya saat ini fitur tersebut baru dirilis dengan berbahasa inggris dan hanya tersedia pada perangkat  iOS saja. Kedepannya Facebook berencana akan merilis fitur ini dalam berbagai bahasa dan perangkat lainya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

My Story about openSUSE.Asia Summit 2017 from Tokyo, Japan.

Aku Malu Menjadi Mahasiswa Beastudi Full S1 di STT Nurul Fikri

Peraturan Grup WhatsApp Info Akademik