Peran Penting Teknologi Informasi di Masyarakat

Teknologi Informasi (TI) ialah studi, desain, pengembangan, implementasi, dukungan atau manajemen sistem berbasis informasi, terutama aplikasi perangkat lunak, perangkat keras komputer dan perangkat mobile. TI berkaitan dengan penggunaan komputer elektronik dan perangkat lunak komputer untuk mengubah, menyimpan, melindungi, memproses, mentransmisikan, dan aman dalam mengambil informasi. Banyak perusahaan kini memiliki departemen atau divisi untuk mengelola komputer, jaringan, dan bidang teknis lainnya yang berhubungan dengan TI untuk bisnis mereka. Pekerjaan di bidang IT meliputi pemrograman komputer, administrasi jaringan, teknik komputer, pengembangan Web, dukungan teknis, dan pekerjaan lain yang terkait.
Karena kita hidup dalam era informasi, teknologi informasi telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari yang berdampak besar pada masyarakat. Setiap hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga kita perlu mengetahui dan mencari tahu efek dari perkembangan TI saat ini, baik yang positif maupun negatif.
Teknologi informasi terdiri dari komputer, jaringan, perangkat mobile dan nirkabel, komunikasi satelit, robotika, videotext, televisi kabel, surat elektronik (e-mail), game online, dan peralatan kantor yang otomatis. Teknologi informasi di industri juga berkembang pesat seperti komunikasi dan organisasi elektronik. Dalam dekade terakhir kita telah melihat perubahan yang sangat cepat.
Laju perkembangan TI diperkirakan pada lima sampai sepuluh tahun dari sekarang akan benar-benar mengubah gaya hidup yang akan sangat jauh berbeda dengan yang sekarang. Saat ini di pasaran ada produk yang sangat baik, dan di luar sana di samping perangkat keras dan perangkat lunak jangan lupa juga dengan aplikasi.
Perusahaan populer seperti Facebook, Twitter dan Google membuktikan bahwa aplikasi yang berguna dalam komunikasi, periklanan, dan juga hiburan. Sebelumnya produk aplikasi yang cukup fenomenal seperti Microsoft, Apple dan Samsung yang membuka jalan bagi generasi masa depan dengan memperkenalkan perangkat revolusioner dan aplikasi mobile.
Setelah kita mengetahui dunia TI, berikut beberapa keuntungan atau manfaat TI untuk masyarakat:
Globalisasi
Perkembangan sarana yang membuat jangakauan komunikasi yang lebih luas dan menjadi lebih dekat tanpa halangan jauhnya jarak tempat komunikasi. Tidak hanya berbagi informasi dengan cepat dan efisien, tetapi dapat mempermudah dalam penggunaan bahasa dengan bantuan kamus online dan perbedaan geografis tidak menjadi halangan untuk bertukar informasi satu sama lain.
Komunikasi
Sebelum semuanya mudah seperti saat ini, untuk mengirim pesan perlu melalui Warnet atau Kantor Pos, yang tidak hanya membutuhkan waktu yang cukup lama, dan juga biaya yang cukup mahal. Sekarang teknologi tumbuh secara drastis komunikasi menjadi lebih murah, lebih cepat dan lebih efisien. Komunikasi internet juga telah membuka komunikasi tatap muka dan update melalui streaming yang tidak hanya dapat diakses di komputer tetapi juga di ponsel dan gadget lainnya.
Efektivitas Biaya
Teknologi informasi telah membantu proses komputerisasi bisnis sehingga usaha mereka dapat menghemat biaya mesin. Hal ini juga dapat meningkatkan produktivitas yang pada akhirnya memberikan efek keuntungan yang berarti gaji lebih baik dan kondisi kerja yang tidak terlalu berat dan efisien.
Waktu yang luang
Semua bisnis online yang buka 24 jam secara global, berarti sebagian besar bisnis dapat terbuka kapan saja dan di mana saja. Pembelian dari berbagai negara yang nyaman dan mudah.
Peluang Kerja Bertambah
Era kini membutuhkan programmer baru, sistem analisa, pengembang Hardware dan Software serta desainer Web adalah beberapa job dari banyaknya kesempatan kerja baru yang muncul untuk mengisi bidang TI. Pekerjaan baru mungkin akan terus bermunculan dalam beberapa tahun kedepan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku Malu Menjadi Mahasiswa Beastudi Full S1 di STT Nurul Fikri

My Story about openSUSE.Asia Summit 2017 from Tokyo, Japan.

Peraturan Grup WhatsApp Info Akademik