Etika Menghubungi Dosen melalui Media Pesan Singkat


Dosen, merupakan sosok guru dari para mahasiswa di suatu lembaga formal kampus maupun tingkat universitas. Setiap dosen mempunyai perlakuan khusus dan dihormati oleh para mahasiswa-mahasiswinya. Mereka lebih tinggi derajat dan ilmunya, untuk itu kalian para mahasiswa harus memiliki tata karma maupun etika yang sopan pada dosen kalian masing-masing.
Dengan begitu, mereka akan memberikan respon positif jika ketika memulainya dengan sesuatu yang sopan. Etika tersebut bukan hanya ketika saat dikelas mengajar ataupun berpapasan langsung ketika hendak bertemu di jalan, dalam media pesan singkat etika juga harus diterapkan sebagaimana mestinya. Berikut, etika ketika menghubungi dosen melalui pesan singkat, diantaranya :

1.       Lihat Kondisi Waktu

Perihal kondisi waktu ini merupakan hal yang utama dalam etika mengirim pesan singkat, karena dosen juga memiliki waktu beristirahat layaknya orang seperti biasanya. Apabila Anda sebagaimana mahasiswa, sebaiknya tidak menghubungi di waktu malam. Dikarenakan itu sudah menjadi waktu mereka untuk beristirahat, hubungi di waktu pagi di hari selanjutnya. Dengan begitu, dosen akan meresponnya dengan lebih sigap.






2.       Tuliskan Kalimat Salam

Kalimat utama pada pesan singkat yang akan Anda kirimkan pada dosen adalah dengan menuliskan salam terlebih dahulu. Salam merupakan kalimat pembuka untuk sebuah percakapan, dan merupakan simbol ucapan do’a maupun sapaan hangat untuk dosen tersebut. Untuk itu, kalimat sapaan juga sangat penting pada pesan singkat yang Anda kirim.



3.       Perkenalkan Diri

Dosen memiliki banyak mahasiswa  ketika dia mengajar, jadi sangat wajar jika beliau tidak begitu kenal dan hafal dengan para mahasiswa-mahasiswinya,  terlebih jika Anda bukan salah satu mahasiswa yang dekat dengan dosen tersebut. Untuk itu, memperkenalkan diri pada pesan singkat merupakan salah satu cara untuk mempermudah dosen dalam mengetahui pengirim dari pesan singkat tersebut, dengan begitu akan lebih mudah dalam memberi tanggapan pada isi pesan yang diterimanya.




4.       Tuliskan Isi Pesan yang Singkat dan Jelas, serta Alasan jika diperlukan

Pada bagian isi pesan ini, maksud dan tujuan dari setiap mahasiswa ditujukan. Oleh sebab itu, gunakan kalimat yang singkat, padat dan jelas pada pesan yang dikirim kepada dosen yang bersangkutan. Agar pesan tersebut dapat diterima dan dicerna dengan mudah, serta apabila memerlukan tanggapan waktu sesegera mungkin, maka pesan tersebut akan ditanggapi dengan cepat karena mudah untuk dipahami.

Dan jika pada pesan tersebut memang seharusnya dicantumkan sebuah alasan, misalkan tidak dapat mengikuti matakuliah yang sedang akan diajarkan. Maka sebisa mungkin, berikan alasan tersebut. Agar dosen mengetahui kendala yang sedang terjadi, dan tidak adanya salah persepsi atau sangkaan dosen kepada mahasiswanya.



5.       Tuliskan Kalimat Terima Kasih

Kalimat terima kasih, merupakan kalimat penutup yang penting untuk dicantumkan pada pesan singkat Anda. Dengan menuliskan kalimat tersebut, merupakan suatu ucapan bahwa Anda sangat menghargai beliau yang sudah menerima pesan singkat Anda yang dikirim kepadanya dan merespon pesan tersebut. 


 

Posting Komentar