Melacak Ponsel Android yang Hilang Tanpa Aplikasi






Jika kamu sedang mengalami musibah kehilangan smartphone, cara melacak ponsel android yang hilang tanpa aplikasi yang akan kami ulas kali ini sepertinya akan cukup bermanfaat. Kehilangan smartphone tampaknya bukanlah masalah yang baru di antara para pengguna smartphone. Kejadian ini pun bisa disebabkan karena berbagai hal misalnya karena kebiasaan penggunanya sendiri yang sering lupa dan kurang berhati-hati ketika menaruh smartphone. Terkadang ada juga teman yang memang suka iseng menyembunyikan smartphone dan berakhir dengan hilangnya perangkat tersebut.


Untuk itulah cara melacak ponsel android yang hilang tanpa aplikasi akan sangat penting dan bermanfaat untuk diketahui. Pasalnya, tidak hanya karena beberapa alasan di atas saja smartphone bisa hilang, smartphone yang terjatuh saat kita sedang berpergian maupun tindakan tidak bertanggung jawab seperti pencurian juga menjadi contoh penyebab hilangnya smartphone. Jika sudah begini, tentu kita akan sangat kebingungan sebab komunikasi maupun aktivitas lain yang dilakukan dengan bantuan smartphone akan terganggu. Oleh karena itu, cara melacak ponsel android yang hilang tanpa aplikasi menjadi salah satu alternatif yang bisa kamu gunakan jika mengalami hal seperti itu.


Cara melacak ponsel android yang hilang tanpa aplikasi ini sendiri memang cukup banyak dicari-cari pengguna smartphone. Pasalnya, banyak pengguna yang merasa rumit untuk melacak ponsel dengan menggunakan aplikasi. Berhati-hati ketika menggunakan smartphone dan mencari tahu informasi tentang cara mencegah pencurian smartphone merupakan beberapa tindakan preventif yang bisa dilakukan untuk menghindari hilangnya smartphone.


Sebenarnya di jaman yang serba modern seperti ini melacak sebuah smartphone yang hilang sangat mudah untuk dilakukan. Pasalnya, berbagai macam aplikasi untuk melacak keberadaan smartphone sudah banyak tersedia. Apalagi aplikasi-aplikasi tersebut bisa diunduh secara gratis sehingga banyak orang yang menggunakannya. Namun, bagaimana jika tidak ingin menggunakan aplikasi? Apakah kamu tetap bisa menemukan smartphone yang hilang tersebut? Tak perlu khawatir karena cara melacak ponsel android yang hilang tanpa aplikasi menjadi jawaban bagi kamu yang ingin menemukan smartphone tanpa repot-repot menggunakan aplikasi pihak ketiga sebagai perantara.


Nah, bagi kamu yang belum mengetahui cara menemukan smartphone Android tanpa bantuan aplikasi, berikut kami berikan tips tentang hal ini selengkapnya. Langsung saja kita simak beberapa segmen di bawah ini yang akan mengulas secara lengkap mengenai cara melacak ponsel android yang hilang tanpa aplikasi ini.

 
Cara Melacak Ponsel Android yang Hilang Tanpa Aplikasi dengan Android
Berikut ini adalah langkah-langkah cara melacak smartphone android yang hilang tanpa aplikasi menggunakan Android :

1. Langkah pertama pada cara melacak ponsel android yang hilang tanpa aplikasi menggunakan Android yang harus kamu lakukan yakni mengunduh dan menginstal terlebih dahulu Android Device Manager pada Android yang akan digunakan untuk melacak perangkat yang hilang. Setelah terinstall, maka buka layanan ini dan pilih opsi “Accept”.
 
2. Langkah berikutnya, lakukan login dengan menggunakan akun Google yang masih aktif pada smartphone kamu. Sekali lagi, gunakanlah akun Google yang masih aktif sehingga bisa langsung terkoneksi dengan smartphone yang digunakan.
 
3. Cara melacak ponsel android yang hilang tanpa aplikasi menggunakan Android yang selanjutnya adalah jika kamu memakai dua smartphone sekaligus, maka lokasi smartphone yang hilang bisa langsung ditemukan dengan menggunakan smartphone Android yang satunya lagi.
 
4. Kemudian, pilih perintah yang ingin diberikan, misalnya dengan memilih untuk menguncinya, memaksanya berdering atau justru menghapus data yang ada di dalamnya.

Dengan menggunakan cara melacak ponsel android yang hilang tanpa aplikasi menggunakan Android tersebut kamu dapat mengamankan perangkat yang hilang tersebut setidaknya dengan mengunci perangkat agar tidak dapat dibuka. Layanan Android Device Manager merupakan layanan yang memang diberikan oleh Google kepada para pengguna Android yang notabene merupakan produk buatannya.

Cara melacak ponsel android yang hilang tanpa aplikasi yang satu ini memang lebih akurat dibandingkan jika kamu menggunakan aplikasi pihak ketiga yang lain. Android Device Manager sendiri memiliki fungsi utama untuk mengendalikan perangkat Android dari jarak jauh sehingga dengan layanan Google ini, kamu bisa melacak, mengunci, maupun menghapus data perangkat Android yang hilang tersebut.

Selain cara diatas, adapula cara lain yang dapat digunakan ketika kamu kehilangan perangkat Android. Berikut kami berikan info mengenai cara melacak ponsel android yang hilang tanpa aplikasi dengan komputer.
 
Cara Melacak Android yang Hilang Tanpa Aplikasi dengan Komputer
Berikut ini merupakan tahapan cara melacak ponsel android yang hilang tanpa aplikasi dengan komputer:

1. Hal pertama yang perlu dilakukan dalam cara melacak smartphone android yang hilang tanpa aplikasi dengan komputer adalah buka situs google.com/android/devicemanager melalui peramban (browser) pada komputer yang digunakan. Lakukan login dengan memakai akun email yang juga kamu gunakan pada smartphone Android yang hilang.
 
2. Ketika kotak dialog Alert muncul, pilihlah opsi “Accept” untuk bisa masuk ke Android Device Manager.
 
3. Kemudian langkah selanjutnya dari cara melacak android yang hilang tanpa aplikasi dengan komputer ini adalah klik pada ikon GPS yang berada di pojok kanan pop-up. Apabila GPS yang ada di smartphone memang tidak aktif, maka kamu tidak akan bisa menemukan lokasi dimana smartphone itu berada. Akan tetapi, kamu masih bisa mereset perangkat tersebut dengan cara menekan tombol “Erase”. Langkah ini dilakukan agar smartphone kembali ke pengaturan pabrik dan mengatur GPS agar bisa menyala.
 
4. Kemudian langkah terakhir yang dapat kamu lakukan pada cara melacak smartphone android yang hilang tanpa aplikasi dengan komputer ini kamu bisa mengunci smartphone tersebut memakai password yang ada pada fitur “Lock” untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, terlebih jika kamu menduga kalau smartphone itu sengaja disembunyikan. Namun, jika kamu terbiasa memakai smartphone dalam kondisi silent, gunakanlah fitur “Ring” untuk membuatnya berdering dengan keras.

Cara melacak ponsel Android yang hilang tanpa aplikasi dengan komputer bisa dilakukan jika kamu tak memiliki smartphone Android yang lain. Menemukan smartphone yang hilang langsung lewat perangkat Android maupun lewat komputer sebenarnya prinsipnya sama, yaitu dengan mengandalkan Android Device Manager yang merupakan layanan dari Google untuk para pengguna produknya sebab layanan ini pun juga bisa diakses lewat komputer meski langkah cara melacak ponsel android yang hilang tanpa aplikasi dengan komputer ini memang sedikit berbeda.


Nah, kini kamu tak perlu khawatir lagi bukan jika sewaktu-waktu kehilangan smartphone. Pasalnya, kamu kini sudah mengetahui cara melacak ponsel android yang hilang tanpa aplikasi baik dengan memakai perangkat Android maupun Komputer. Namun yang perlu diperhatikan adalah ponsel Android yang hilang tersebut akan bisa dengan mudah ditemukan jika masih dalam keadaan aktif. Namun, jika perangkat tersebut mati maka akan lebih sulit untuk dilacak meskipun masih memungkinkan. Demikianlah informasi tentang cara melacak ponsel android yang hilang tanpa aplikasi yang bisa kami bagikan. Semoga bisa bermanfaat.

Sumber : http://nurulfikri.ac.id/index.php/artikel/item/1575-melacak-ponsel-android-yang-hilang-tanpa-aplikasi
 

Posting Komentar