Deteksi Gelombang Gravitasi dengan Ubuntu

Deteksi Gelombang Gravitasi dengan Ubuntu
LIGO (Laser Interferometer Gravitational Wave Observatory) mungkin tidak mendapatkan perhatian yang sama di media sebagaimana eksperimen fisika lain. Percobaan itu dirancang untuk mendeteksi gelombang gravitasi, dan para ilmuwan ternyata menggunakan Linux (Ubuntu) untuk melakukannya.
Gelombang gravitasi diprediksi oleh Albert Einstein pada tahun 1916, dan mereka benar-benar ada. Hal itu dinyatakan Einstein dalam teori relativitas umum. Masalahnya, jika teori relativitas umum telah terbukti, tetapi gelombang gravitasi belum ditemukan, meskipun para ilmuwan yakin bahwa itu akan terjadi cukup cepat.
Tidak terlalur mengejutkan bahwa Linux digunakan dalam percobaan LIGO, namun hal itu tidak membuatnya kurang keren. Hanya beberapa waktu lalu, Ubuntu digunakan untuk menafsirkan data dari Teleskop Ruang Angkasa Hubble. Sebelum itu, Ubuntu dan KDE juga diamati di restart Large Hadron Collider di CERN. Bisa dibilang, ketika ilmu pengetahuan sedang diterapkan, maka sistem yang digunakan kemungkinan besar adalah Linux.
Linux sama dengan reliabilitas atau keandalan, yakni konsistensi dari serangkaian pengukuran atau serangkaian alat ukur.
Kenyataan bahwa para ilmuwan memilih sistem Linux untuk pekerjaan mereka ada hubungannya dengan kenyataan bahwa itu adalah sistem operasi yang stabil, aman dan dapat diandalkan. Tidak menjadi masalah distro. Para ilmuwan biasanya memilih apa yang harus digunakan untuk diri mereka sendiri. Seringkali orang menggunakan CentOS, Debian, Red Hat dan Scientific Linux. Sulit untuk menemukan apa yang Anda inginkan di antara begitu banyak pilihan.
Untuk percobaan LIGO, jika ingin mengetahui lebih jelasnya bisa dilihat di video  (Klik Disini) Video menunjukkan bahwa Ubuntu yang digunakan, bersama dengan beberapa sistem Mac OS, dan mungkin beberapa KDE di latar belakang, meskipun itu tidak sepenuhnya. Dalam setiap kasus, jika ilmu pengetahuan sedang diuji di laboratorium di suatu tempat, maka akan aman bila menggunakan sistem Linux.
The entire LIGO Generations adalah judul film ini cukup menarik, jika ingin tahu lebih banyak tentang gelombang gravitasi. Atau, bisa melompat langsung ke menit 9.05, dalam film itu juga. Kita perlu berterima kasih kepada Reddit pengguna GeorgeChalkitis yang menyediakan link.
Sumber:news.softpedia.com/news/Ubuntu-Used-to-Detect-Gravitational-Waves-at-LIGO-Experiment-480910.shtml

Posting Komentar