Vinton Cerf Gray, Penggagas Internet

Vinton Cerf Gray, Penggagas Internet

Vinton Cerf Gray, (lahir 23 Juni 1943, New Haven, Conn., AS), ilmuwan komputer Amerika yang dianggap salah satu pendiri Internet, bersama dengan Robert Kahn. Pada tahun 2004 Cerf dan Kahn memenangkan A.M. Turing Award, penghargaan tertinggi dalam ilmu komputer, untuk kepeloporann mereka pada internetworking, termasuk desain dan implementasi Internet, dasar protokol komunikasi (TCP/IP), dan untuk kepemimpinan terinspirasi dalam jaringan.
Pada tahun 1965 Cerf menerima gelar sarjana di bidang matematika dari Stanford University di California. Dia kemudian bekerja untuk IBM sebagai insinyur sistem sebelum menghadiri University of California di Los Angeles (UCLA), dimana ia meraih gelar master dalam ilmu komputer pada tahun 1970. Dia kembali ke Stanford dan menyelesaikan gelar doktor dalam ilmu komputer pada tahun 1972.
Sementara di UCLA, Cerf menulis protokol komunikasi untuk ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network/DARPA), jaringan komputer pertama berdasarkan packet switching, sebuah teknologi yang sebelumnya belum teruji. Berbeda dengan komunikasi telepon biasa, dimana sirkuit tertentu harus didedikasikan untuk transmisi, packet switching membagi pesan menjadi "paket" yang bepergian secara mandiri lebih banyak sirkuit yang berbeda.
UCLA adalah antara empat node ARPANET asli. Ketika bekerja pada protokol, Cerf bertemu Kahn, seorang insinyur listrik yang saat itu seorang ilmuwan senior di Bolt Beranek & Newman. Hubungan profesional Cerf dengan Kahn adalah salah satu yang paling penting dalam karirnya.
Pada tahun 1972 Kahn pindah ke DARPA sebagai manajer program di Information Processing Techniques Office (IPTO), dimana ia mulai membayangkan jaringan dasar paket-switching cikal bakal apa yang akan menjadi Internet. Pada tahun 1973 Kahn mendekati Cerf, kemudian seorang profesor di Stanford untuk membantunya dalam merancang jaringan baru ini. Cerf dan Kahn segera bekerja versi awal dari apa yang mereka sebut ARPA Internet, rincian yang mereka terbitkan sebagai karya bersama pada tahun 1974. Cerf bergabung dengan Kahn di IPTO pada tahun 1976 untuk mengelola proyek jaringan kantor itu. Bersama-sama mereka memproduksi TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol), protokol transmisi elektronik yang memisahkan kesalahan paket memeriksa (TCP) dari masalah yang berkaitan dengan domain dan tujuan (IP).
Karya Cerf membuat Internet media yang dapat diakses publik dilanjutkan setelah ia meninggalkan DARPA pada tahun 1982 untuk menjadi wakil presiden di MCI Communications Corporation (WorldCom, Inc, 1998-2003). Sementara di MCI ia memimpin upaya untuk mengembangkan dan menyebarkan MCI Mail, layanan e-mail komersial pertama yang menggunakan Internet. Pada tahun 1986 Cerf menjadi Wakil Presiden di Korporasi untuk Nasional Inisiatif Penelitian, sebuah perusahaan non-profit yang terletak di Reston, Virginia.
Kahn sebagai presiden, telah dibentuk untuk mengembangkan teknologi informasi berbasis jaringan untuk kepentingan publik. Cerf juga menjabat sebagai presiden di Corporation for National Research Initiatives dari tahun 1992 hingga 1995. Pada tahun 1994 Cerf kembali ke MCI sebagai Wakil Presiden senior, dan 1998-2007 ia menjabat sebagai ketua pertama dari Internet untuk Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) , kelompok yang mengawasi pertumbuhan dan ekspansi Internet. Pada tahun 2005 ia meninggalkan MCI untuk menjadi wakil presiden dan "chief Internet evangelist " di perusahaan mesin pencari Google Inc.
Selain karyanya di Internet, Cerf bertugas di banyak panel pemerintah terkait cybersecurity dan infrastruktur informasi nasional. Seorang penggemar fiksi ilmiah, ia adalah seorang konsultan teknis untuk salah satu proyek penulis televisi Gene Roddenberry bertajuk Earth: Final Conflict. Di antara banyak penghargaan yang diperoleh adalah National Academy of Engineering AS Charles Stark Draper Prize (2001) dan Presidential Medal of Freedom (2005).(Qurina Nusaibah)
Sumber: http://www.britannica.com/EBchecked/topic/932769/Vinton-Gray-Cerf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

My Story about openSUSE.Asia Summit 2017 from Tokyo, Japan.

Aku Malu Menjadi Mahasiswa Beastudi Full S1 di STT Nurul Fikri

Makalah “Strategi Dalam Marketing Model 3.0”