Langkah Dasar Membangun Start up

Langkah awal untuk membangun bisnis pemula adalah harus fokus dalam menemukan tim yang baik dan tepat. Semua orang mengakui betapa pentingnya hal itu. Sebuah tim dengan visi yang sama, bermotivasi tinggi, dan memiliki keahlian komplementer (saling menunjang) jauh lebih berharga daripada ide apapun dalam dunia teknologi.
Kita perlu meminta jaringan teman untuk melihat, apakah ada yang tertarik pada ide bisnis awal. Jika sedang kuliah di universitas, maka mintalah teman sekelas. Sebelum membuat sesuatu, lakukan validasi pasar yang pertama. Anda akan terkejut melihat betapa banyak orang bekerja keras selama bertahun-tahun membangun sesuatu yang mereka tahu akan dicintai dan diinginkan oleh semua. Namun ketika mereka pergi untuk melepaskannya, tak ada yang peduli.
Mereka hanya membuang tahun kerja karena mereka juga tidak ingin siapa pun mengkritisi idenya atau takut untuk ditiru. Jika ide Anda mengerikan, lebih baik untuk mencari tahu sekarang, sebelum Anda menginvestasikan uang dan waktu. Jangan takut orang akan meniru ide Anda.
Ketika Anda mulai membangun, Anda harus segera memulai pengujian. Membangun mock up (contoh bisnis) yang sangat kasar dari apa yang Anda coba lakukan dan uji dengan segera.
Tidak pernah kehilangan fokus pada pelanggan. Selalu menjaga mereka dalam lingkaran dengan menunjukkan prototipe dan desain. Anda harus tahu apa yang mereka inginkan ketika Anda benar-benar dapat berbincang dengan mereka dan mengetahui dengan pasti apa keinginan mereka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

My Story about openSUSE.Asia Summit 2017 from Tokyo, Japan.

Aku Malu Menjadi Mahasiswa Beastudi Full S1 di STT Nurul Fikri

Makalah “Strategi Dalam Marketing Model 3.0”